TOT

Sertifikasi ToT BNSP

Sertifikasi ToT BNSP merupakan Sertifikasi Pelatihan berbasis kompetensi yang di adakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk profesi Trainer / Instruktur, Fasilitator dan tenaga Pelatih organized. Belakangan ini, sertifikasi berlisensi BNSP untuk para trainer maupun profesi lain menjadi ketentuan untuk melamar kerja di perusahaan. Dengan mengikuti Sertifikasi ini para trainer bisa mengetahui sejauh mana kemampuannya.

Apakah Sertifikasi ToT BNSP itu di Perlukan?

Sertifikasi ToT BNSP

Sertifikasi Training of Trainer BNSP sendiri merupakan program pembekalan kompetensi bagi Trainer oleh BNSP, berstandar nasional, dan bersertifikasi negara. Calon Trainer, instruktur, atau tenaga pelatih di perusahaan/organisasi wajib mengantongi sertifikat dari BNSP ini. Mengapa?

Dengan memiliki Sertifikat Kompetensi BNSP, Anda sebagai Trainer akan lebih meyakinkan perusahaan/organisasi, juga calon-calon peserta Training, bahwa Anda kompeten di bidang pelatihan. Anda akan lebih percaya diri dalam membangun jalur karir sebagai Trainer. Menjadi pemegang Sertifikat Kompetensi BNSP berarti Anda mendapatkan pengakuan profesi dan kompetensi dari negara.

Dan juga Sistem industri, seperti ISO dan SNI, mewajibkan untuk mempekerjakan orang-orang kompeten yang memiliki sertifikasi resmi, termasuk tenaga pelatih atau Trainer. Memiliki Sertifikat Kompetensi akan menjadi nilai plus, ketika Anda menjalani proses rekrutmen.

Training of Trainer (ToT) diharapkan menjadi penunjang dalam menjadi seorang Fasilitator atau Trainer yang baik dan berkualitas. Setelah mengikuti pelatihan Sertifikasi dan Uji Kompetensi lalu dinyatakan kompeten, maka diharapkan dapat menyiapkan bahan pelatihan dan melakukan presentasi yang menarik dan benar.

Siapa Saja yang Harus Memiliki Sertifikat ToT?

Sertifikasi Training of Trainer BNSP bisa diikuti oleh siapa pun yang bertekad meningkatkan kompetensinya sebagai Trainer. Terlebih jika mereka merupakan kepala seksi pelatihan di perusahaan/organisasi, leader dan supervisor, instruktur atau fasilitator internal dalam perusahaan/organisasi, dan mereka yang ditugaskan khusus untuk merancang dan mendesain program pelatihan internal perusahaan/organisasi.

Bagaimana Cara Mengikuti Sertifikasi ToT BNSP?

Anda bisa mengikuti Sertifikasi Trainer diLembaga Sertifikasi Profesi yang terpercaya. Anda akan menjalani uji kompetensi sebelum pada akhirnya Anda mendapatkan sertifikasi trainer yang berlisensi dari BNSP.
Namun, uji kompetensi yang Anda lakukan belum menjamin Anda lulus sertifikasi. Maka dari itu, sebelum menjalani uji kompetensi, Anda bisa mengikuti Training of Trainer yang akan membantu Anda, untuk memahami apa saja yang akan Anda ujikan pada uji kompetensi.
Mengikuti Training of Trainer Sertifikasi BNSP yang diselenggarakan atas kerja sama Lembaga Sertifikasi Profesi dengan perusahaan perusahaan tertentu merupakan salah satu cara mendapatkan sertifikasi trainer.

Kegiatan Training Of Trainer (TOT) sendiri terdiri atas pengajaran teknik-teknik untuk menyampaikan materi program pelatihan dengan menarik dan efektif. Misalnya, calon trainer nantinya akan lebih terampil menyampaikan materi pelatihan dengan suasana yang interaktif, menyenangkan, namun tetap sejalan dengan kebutuhan pelatihan.

Agar dapat mendapatkan sertifikasi kompetensi BNSP ini para tenaga kerja disarankan untuk mengikuti training dan pembahasan materi untuk dapat lulus uji kompetensi.

Pembahasan materi dan training akan dibimbing oleh trainer (asesor) yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya. Oleh karena itu bisa dipastikan peserta yang akan mengikuti uji Kompetensi dapat lebih siap menghadapi tes uji kompetensi dan berpeluang besar lulus uji kompetensi.

Persyaratan Mengikuti Sertifikasi ToT BNSP

  • ┬áTelah memahami standar Kompetensi Metodologi pelatihan.
  • Mengisi Form Aplikasi.
  • Calon asesi mengisi Form Aplikasi ( Asesmen Mandiri ) sesuai skema yang dipilih.

Bukti-bukti pendukung berupa fortofolio harus dilampirkan :

  1. CV.( Curriculum Vitae )
  2. Foto Copy Ijazah Terahir
  3. Sertifikat metodologi pelatihan
  4. Program Pelatihan /kurikulum /silabus yang pernah dibuat
  5. Rencana pembelajaran yang pernah dibuat( Lesson plan )
  6. Media pembelajaran yang digunakan untuk Micro Teaching
  7. Daftar Media dan Sumber Daya Pelatihan
  8. Surat rekomendasi atasan mengikuti asesmen kompetensi metodolog
  9. SK atau surat keterangan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar sebagai tenaga pengajar.
  10. Surat tugas mengajar

Baca Juga Sertifikat TOT K3 | Sertifikasi BNSP

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *